Tahu bacem khas yogya

By | May 7, 2018

Tiap beli nasi pecel pak su sll pake lauk cmn tahu bacem, nah tanya lah resepnya ke tmn yg org yogya asli. Klo menurut tmnq dan pak su sih it tahuq dah oke bgt, enak, dan pas rasanya, jgn tanya rasanya ke q, karna q gk duoyan yg manis2.

Bahan-bahan

  1. 5 buah tahu putih (1tahu dipotong jd 2)
  2. 3 cm lengkuas d geprek
  3. 2 lembar daun salam
  4. 6 siung bamer
  5. 2 siung baput
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 400-500 ml air kelapa/air putih (tahunya harus tenggelem)
  8. Secukupnya kecap
  9. Secukupnya garam
  10. Secukupnya gula merah

Langkah

  1. Haluskan bamer, baput, dan ketumbar. Sambil nguleg, kukus tahunya dulu ya biar waktu masak ntar tahunya gak hancur (kyk prasaanq yg liat km sm dia) gk usah lama2 5-10menit aj sampek keliatan sedikit mengembang si tahu. Udah selese  
  2. Masukkan tahu, dan semua bahan yang memang harus dimasukkan. Tdk usah di ulet2, biarin gitu aja. Tuangin semuanya. Tapi saran sih ya, daun salam ditaruh bawah baru tahu, bumbu halus, kecap, garam, gula jawa (di iris tipis dulu ya biar lelehnya cepet), lengkuas daan airnya. (Air kelapa itu bikin makin gurih, jadi saran lagi nih mending pake air kelapa).  
  3. Setelah itu menantilah dengan sabar sampai air nya menyusut (eh tips lagi, karena nantinya akan ada buih – buih cinta mending pake panci yang lebih tinggi ya biar gak meluber airnya). Siap deh, bisa dimakan langsung atau kalo mau digoreng lagi juga bisa banget.  
  4. Eh iya, nambahin. Saya di resepnya bilang kecap, gula jawa, garam scukupnya itu karena memang smua sesuai selera yaa soalnya ya bisa bayangin gimana manisnya coba masakan ini (kyk saya pastinya) selamat mencobaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *