Sambal Ayam Kalasan Jogyakarta

By | March 21, 2018

Masak sambal yang bisa untuk waktu lama, karena orang rumah makan kalo gak ada sambalnya rasanya kurang pas. Walaupun gak terlalu suka pedas pasti masih cari sambal, “Sedikit lah buat syarat”, gitu katanya. Ini dapat sumber resep dari ibu Rusdianti Vimalakirti dengan resep sambal ayam kalasan Jogja. Beliau pakai jeruk limau, karena gak ada jadi aku ganti jeruk nipis.

Dari judulnya ini memang resep ayam kalasan tapi aku ambil sambalnya aja. Rasanya itu pas gak pedas2 banget (pedas bisa disesuaikan), ada manis asam asin ramai rasanya. Ini kayaknya kalo buat saya gak cuma untuk sambal ayam ajah nih, tapi bisa jadi sambal serbaguna. Udah dicoba sich tapi resepnya gk diup disini ya.

Disini fokus ke sambalnya aja, dan kalau bikin sambal porsi banyak bisa kok disimpan diwadah tertutup terus ditaruh dikulkas dengan sesekali dipanaskan, bisa bertahan hingga 2 minggu. Wah cocok nih buat jualan sambal kemasan, tapi kalo dijual usahakan dalam keadaan kedap udara, adakan ya kemasan kek gitu. Semoga resepnya bermanfaan

Bahan-bahan

  1. 20 buah cabe rawit
  2. 6 buah cabe merah besar
  3. 2 buah tomat
  4. 5 siung bawang putih
  5. 3 siung bawang merah
  6. 1/2 sdt terasi
  7. 2 sdm gula merah
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 2 sdm gula pasir
  10. 1 1/2 sdt garam
  11. 6 sdm minyak goreng
  12. 1 buah jeruk nipis, ambil airnya

Langkah

  1. Siapkan semua bahannya.  
  2. Haluskan semua bumbu kecuali, garam, minyak goreng, daun jeruk dan perasan jeruk nipis.  
  3. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan bumbu halus, daun jeruk dan garam, tumis dengan api kecil hingga harum. Aduk rata hingga kandungan air asat dan berwarna merah tua (keluar minyaknya).  
  4. Matikan api, masukkan air perasan jeruk nipis dan aduk hingga merata.  
  5. Sambal siap disajikan. Bisa dengan ayam kalasan jogja atau pun yang lainnya. Saya pikir ini bisa jadi sambal serbaguna.  
  6. Atau kalau buat stok banyak, mau disimpan juga bisa. Taruh pada wadah tertutup rapat dan simpan dikulkas, sesekali dipanaskan bisa bertahan sampai 2 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *